Selasa, 22 Januari 2013

My life's journey..

AKU....

Haiiii...
Hmm, dari awal aku nge-blog disini kayaknya aku ga pernah ceritain tentang kehidupanku secara lengkap yah..
Hehehehhe...
Ga apa2 deh, biar sok-sok misterius gituh, biar kalian penasaran ama aku...
Jiahahahahha... :D
*teteup narsis* *hidup narsis* :p

Okeh, kali ini aku mau ceritain tentang hidup aku ama kalian..
Bukan karna aku kehabisan bahan buat ditulis yah, tapi lagi pengen ajah.. *ngeles* :D

Kita mulai dengan nama lengkap aku. Nama lengkap aku Ratih Pratiwi. Yah, hanya Ratih Pratiwi..
Tapi berhubung nama bapak ku Mahmuri, seringkali aku menambahkan nama belakang ku dengan namanya menjadi Ratih Pratiwi Mahmuri. Aku anak petrtama dan lahir di rumah almarhumah bidan Ida. Aku punya seorang adik laki-laki.. 
Nih foto aku pas masih bayi, imutkan..??? :D

Ini aku lho, 23 tahun yang lalu... :D


Ini aku yang sekarang.. :p

KEHIDUPANKU

Aku lahir, tinggal, dan besar di Plaju..
Yah, Plaju, salah satu kecamatan di Palembang..
Entah kenapa aku begitu bangga hidup di Plaju..
Walau kebanyakan temanku selalu bilang, ah Plaju mah dusun, Plaju ga ada mall, Plaju itu Palembang ujung, but I still love Plaju so much..
Di Plaju itu ada kilang Pertamina Refinery Unit 3 (Unit Pengolahan 3 klo nama dulunya), dan aku bangga banget dengan kilang ini (walau aku ga kerja disana yah, tapi aku ngerasa kilang ini adalah salah satu bagian dari kehidupan aku)..
Bayangkan kalo ga ada Plaju, mau dapet pasokan BBM darimana Palembang ini...????
Hmmm...

Rumah aku letaknya ga terlalu jauh dari komplek Pertamina RU III Plaju..
Rumah aku berada di Jalan Kapten Abdullah, Lorong Mulia 1, yang kalo naik becak bayar Rp. 7000,- selama 10 menit, udah sampe gerbang komplek Pertamina Plaju..
hihihihiih.. :D

Aku lahir dari pasangan ibu Sunarni Widi Ningsih dan bapak Mahmuri..
Umur ibu dan bapak ku terpaut lumayan jauh yaitu 34 tahun.. 
Dan alhamdulillah kedua nya masih sehat walafiat sampai sekarang..

Eitz, jangan berpikiran jelek tentang orang tua ku dulu yah karna beda umur mereka yang sangat jauh tersebut.
Bapak dan ibu ku itu sama-sama lajang yah ketika menikah..
Cumaaa...
Bapak ku ituh telat banget nikahnya, sedangkan ibu ku itu kecepetan banget (bapakku menikah pada usia 49 tahun, sedangkan ibu 16 tahun, yah faktor di jodoh-jodohin jaman dulu lah).. Hehehhee..

Bapak ku adalah seorang pedagang batubata, koral, dan pasir yang dijual di depan rumah.. Kami  semua menggantungkan hidup dan pendidikan hanya dari hasil dagangan bapak tersebut. Sedangkan ibu hanya ibu rumah tangga biasa..
Bapak ku cuma tamatan SMA (SMA jaman Belanda, sekolahnya pun loncat-loncat gitu)..
Cerita bapak dulu, karna bapak pinter, bapak bisa loncat dari kelas 3 ke kelas 5 langsung, tapi karna bapak males sekolah, jadi suka bolos dan berantem. Sampe akhirnya berhenti pas kelas 6.
Setelah beberapa tahun ga sekolah, akhirnya saudaranya yang kepala sekolah di salah satu SD di Plaju nawarin dia ikut paket kilat gitu. Jadi dia bisa sekolah beberapa bulan untuk SD, kemudian ujian. Begitu pula untuk SMP dan SMA, beberapa bulan sekolah dan akhirnya ujian.
Kalo ibuku SD pun ga tamat, karna kakek sama nenek dulu ga punya biaya. Apalagi adik-adiknya ibu banyak..


Ini bapak dan ibu ku sekarang :)

Aku juga punya seorang adik laki-laki..
Dia lahir di tempat, bahkan bidan yang sama dengan aku, cuma beda waktu doang.. 
Tempat sekolah kami pun selalu sama, dari TK ampe kuliah..
Bedanya pas kuliah aku kuliah pagi, dia kuliah siang, ama beda jurusan juga..
Aku ambil Teknik Kimia, sedangkan dia Administrasi Niaga (karena pas SMA dia IPS dan aku IPA)..

Ini Agung Darmawan, adik ku..

Dari TK ampe SMA aku sekolah di Plaju, cuma pas kuliah aja agak jauhan..
Aku kuliah di daerah Bukit Besar, tapi tu yah masih di Palembang juga (-_-")
Aku TK di TK Bina Wati (1994-1995, nama guru dan yang punya sekolahan adalah bu Wati), SD Muhammadiyah 3 Palembang (1995-2001), SMP Negeri 20 Palembang (2001-2004), SMA Negeri 4 Palembang (2004-2007, letak sekolahannya ini persis di depan SMPN 20 Palembang. Betapa tak berkembangnya akuh.. Hehehe.. :D), dan Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Sriwijaya..

SMP Negeri 20 Palembang

SMA Negeri 4 Palembang

Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Sriwijaya

Pas SMA aku pernah ikut ekstrakulikuler PASKIBRA (meskipun ga terlalu eksis dan ga pernah menang ikut lomba juga.. Jiahahahah... :D). Di SMA aku ambil jurusan IPA dan ini yang mengantarkan aku ke jurusan Teknik Kimia ketika kuliah..

Kenapa aku ambil jurusan Teknik Kimia pas kuliah? Dan kenapa aku ambil di Politeknik negeri Sriwijaya?
Karena aku pikir Teknik Kimia adalah jurusan teknik yang paling layak untuk cewek dan selain itu juga ga mahal alat-alat penunjang dalam proses pembelajarannya. Kalo jurusan teknik lain, untuk pena nya pun satu set harganya udah mahal banget..
Hmm..

Dan kenapa di Politeknik Negeri Sriwijaya..??
Karena dibandingkan dengan Universitas Sriwijaya, letak kampus Politeknik lebih dekat dengan rumahku, sehingga ongkosnya ga terlalu mahal. Selain itu, dengan masa pendidikannya yang hanya 3 tahun, biayanya tidak akan terlalu memberatkan orangtua ku. Dibandingkan jika aku harus kuliah 4-5 tahun. Tapi alhamdulillah nya selama 3 tahun, aku kuliah gratis, aku dapet beasiswa karna nilaiku yang lumayan baik. jadi hanya bayar untuk biaya awal dan semester 1. Waktu itu aku dapat beasiswa PPA yang jumlahnya Rp. 3.000.000,- / tahun, sedangkan biaya kuliah aku cuma Rp. 800.000,- / semester, jadi sisanya bisa untuk beli modul.. Alhamdulillah  :)

Selama 4 semester aku kuliah, aku selalu nebeng motor temenku yang searah dari rumah. Namanya Febri Ayu Wibowo atu lebih sering kami panggil Piyu, aku dulu satu SMA dan satu ekskul Pakibra ama dia. Kami sokongan bensin gitu.. Alhamdulillah, bisa hemat ongkos, jadi aku masih bisa jajan di kantin. Kami dulu isi bensin Rp. 10.000,- / 2 hari, sedangkan uang jajanku Rp. 13.000,- / hari sampai semester 4..
Tapi pas mau memasuki semester 5, kami mengalami kecelakaan ketika akan membayar uang kuliah di komplek Pertamina Plaju, tulang Piyu sampe patah :( , sedangkan aku yang dibonceng ga mengalami apapun.. Alhamdulillah..
Sejak itu, Piyu ga boleh bawa motor lagi,, Jadi sejak semester 5 sampe wisuda aku naik angkot sedangkan Piyu dianter papanya.. 
Dan uang jajanku dinaikkan jadi Rp. 14.000/ hari oleh bapakku (sejak saat itu aku jadi jarang jajan di kantin, uangnya cuma cukup untuk ongkos)..

Tapi ada hikmah dibalik semua kejadian,,
Gara-gara kecelakaan itu, alhamdulillah kami bisa dengan mudah Kerja Praktek (KP) di PT. Pertamina RU III Plaju, karna orang yang ga sengaja nabrak kami itu adalah istri dari salah satu pimpinan di Pertamina Plaju..
Alhamdulillah, Allah memang maha berkehendak atas semua hal.. :)
Pas KP kami suka naik sepeda bareng-bareng dari rumah aku atau kadang-kadang kami saling gantian boncengan..
Disana kami ketemu pak Mohammad Shofi, pebimbing KP kami yang jutek, cuek tapi pinter abis..
Jadi kalo inget masa-masa KP itu jadi kangen sama beliau, apa lagi kalo inget kata-kata "keki aku"..
hahahahahaah.. :D

Ini Febri Ayu Wibowo a.k.a Piyu
Sekarang dia udah kerja di PT. PUSRI (Persero).. Alhamdulillah :)

Pas semeter 5 kami penjurusan konsentrasi jurusan dan aku ambil Petrokimia..
Cerita berlanjut ketika akan menyusun Laporan Akhir (LA), waktu itu aku melakukan penelitian bertiga ama temen aku. Aku melakukan penelitian bareng Yenni Andriani (Yeyen) dan Anita Tri Yuniarsih (Nita). Saat itu kami melakukan penelitian yang cukup mahal, sampe pontang-panting cari dana kesana kemari. Yeyen dan kakaknya lah yang berjasa besar dalam hal ini. Yeyen dan kakaknya yang kasih umpan permohonan dana kemana-mana, sedangkan kami tinggal melihat apakah umpan itu menghasilkan ikan atau tidak..??
Dan alhamdulillah kami dulu dapat bantuan dari Gubernur sebesar Rp. 3 jt-an (aku lupa jumlah pastinya) dan ini sangat membantu kami dalam hal biaya..

Dari kiri ke kanan: aku, Yeyen, Anita

Sekarang Yeyen sudah kerja di PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) dan Anita sebagai staff admin di salah satu perusahaan tambang batubara di Lahat. Alhamdulillah.. :)

Yah, itulah sedikit cerita hidupku.. Kalo flashback ke belakang, seringkali aku ingin meneteskan airmata..
Banyak kejadian indah yang mungkin seringkali luput dari rasa syukurku..
Banyak hikmah dari setiap kejadian dan bahwa Allah adalah the best planner in the world..
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.. ^____^

6 komentar:

  1. hm,,,
    autobio ny aku kasih nilai 8 deh,,,
    skala 10 - 100 #agagagagagagaga

    BalasHapus
  2. wiihihihih
    msuk blog gni bs terkenal ga y :3
    bs ktemu kimbum ga ya...
    #ngarep :D
    teruskan tih ;)

    BalasHapus
  3. Plaju tempat aku dilahirkan kota kenangan ku dulu..tptnya di jalan kapten abdulah..lorng perguruan,sebelah sana pasar dikit ;)..sekarang aku tinggal di bandar lampung thn 1993 kami sekeluarga pindah ke lampung..kalo ingat masa2 kecil di Plaju,,indah,,campur haru..kota penuh kenangan,,oh iya sewaktu SD aku sempet sekolah di sd panggung sd impres 345 kalo gk salah..sekolahannya sebelum smp 20.. :) salam kenal mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mas Agus Oranto: wah lorong Perguruan yah mas...?? Dimana nya..??
      Deket rumahku tuh.. Rumahku di gg. Mulia 1, pinggir jalan, samping gapura nya banget, depot yang jual2 batu bata itu..
      I think you know exactly where is it..??
      heheheheh... :))

      Temen2 SMP ku juga banyak yang dari SD Panggung itu..
      Walau sekarang ga tau masih panggung atau enggak yah..??
      Kalo banjir masih sering.. :D

      Okeh, salam kenal juga mas..
      Dari sini, dari Plaju.. :))

      Hapus