Selasa, 22 Januari 2013

MY JOB AS A SONOLOG GIRL

Aku, Ratih Pratiwi, 23 tahun, lulusan D3 Teknik Kimia, konsentrasi Petrokimia, Politeknik Negeri Sriwijaya sekarang bekerja di salah satu perusahaan minyak swasta di daerah Pendopo - Sumatera Selatan..
Aku bekerja dengan status sebagai pekerja outsourching untuk field Pendopo - Talang Akar..

Jarak tempat kerjaku dengan Palembang sekitar 4.5 - 5 jam perjalanan apabila ga macet..
Perjalanan dari rumah ke tempat kerja biasanya ku tempuh dengan menggunakan travel plat hitam dengan ongkos Rp. 50.000,-. Jadwal kerjaku 5-2 (right, 5 hari kerja, 2 hari libur)..
Berhubung sistem kerjaku rolling dan ada back to back gitu, jadi aku dapet libur hari Senin - Selasa..

Aku kerja di bagian Sonolog-Dynagraph..
Sonolog adalah alat yang digunakan untuk mengetahui level cairan yang ada di dalam sumur minyak..
Disini kita menggunakan satu set alat yang terdiri dari 1 gas gun, 1 laptop, 2 set kabel, 1 tabung gas nitrogen, 1 pressure transducer dan 1 well analyzer..
Sedangkan dynagraph adalah alat yang digunakan untuk mengetahui peformance pompa yang ada di dalam sumur. Biasanya dengan membaca grafik hasil dynagraph, kita bisa mengetahui apakah pompa nya masih bagus, apakah travelling atu standing valve nya bocor atau sucker rod yang ada di dalam sumur putus..
Pada dynagraph kita menggunakan PRT yang ditempelkan pada polish rod..
*bahasa anak perminyakan ribet yaaakk... *aku sebagai anak teknik kimia pas baru nyemplung di minyak aja bingung.. hehehehe... :D
Ini contoh gambar alat sonolog..

Ini sumur minyak dengan pumping unit nya

Ini alat sonolog lengkap dengan gas gun nya

Pertama kali aku nyemplung di minyak adalah karena ketidak sengajaan..
Dulu, sehabis wisuda, 2 bulan aku sempat jadi jobless sampai pada akhirnya aku mengisi waktu ngejagain warnet selama 2 bulan. Ga lama dari itu, ada temenku, Abdurrahman Hafidz, mahasiswa terpandai pas jaman aku kuliah yang mengajak aku kerja di kantornya di Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Sriwijaya (PPLH UNSRI)..
Pada awalnya Hafidz mengajak Yeyen untuk bergabung ke PPLH, tapi berhubung Yeyen sudah keterima di BNI Syariah waktu itu, akhirnya Hafidz ngajak aku..
Rencana awal waktu itu aku akan disetting untuk menggantikan Hafidz sebagai tim pemantau kualitas udara dari PPLH UNSRI untuk perusahaan-perusahaan minyak..
Karena Hafidz waktu itu diikutkan dalam program On Job Training (OJT) salah satu perusahaan minyak swasta yang jadi rekan PPLH UNSRI..
Waktu itu si perusahaan minyak ini sedang mengurusi masalah AMDAL tentang seismic yang akan mereka lakukan..

Tapi ga tau nya setelah aku gabung di PPLH, aku malah disuruh gabung juga dengan program OJT tersebut.
Aku kerja selama 20 hari di PPLH sebagai salah satu anggota tim pemantau kualitas udara..
Sempat dua kali aku melakukan pemantauan di PT. Pertamina EP field Pendopo dan KSO PT. Pertamina EP - PT. Benakat Barat Petroleum..

Sampai akhirnya aku lulus masuk program OJT di perusahaan tersebut yang jadi perusahaan saya sampai saat ini..
Dan aku mengundurkan diri dari PPLH (Hafidz ga jadi ikut, ga dibolehin bos kami waktu it. tapi akhirnya Hafidz keluar juga dari PPLH karena keterima di Schlumberger)..
Dulu janji program ini adalah akan di hire selama 3 bulan sebagai OJT, apabila hasil kerja bagus, diangkat jadi karyawan tetap, atau program dilanjut lagi selama 3 bulan..
Awal datang ke perusahaan ini, aku ber-empat bersama teman dari PPLH..
Sekarang satu sudah kerja di perusahaan batubara di Kalimantan, satu diangkat jadi karyawan tetap setelah 1 kali perpanjang masa OJT (jadi dia OJT selama 6 bulan), sedangkan aku dan satu teman cewek ku ga diangkat sampe sekarang, malah di outsourchingkan dengan kontrak 1 tahun, setelah 3 kali masa perpanjangan masa OJT (jadi total kami OJT adalah 1 tahun)..
Dan ketika didebat kenapa kami ga diangkat, padahal kami sudah jadi OJT selama 1 tahun, si HRD malah ngeles kalo kami dulu adalah magang, bukan OJT. Mereka nge-hire sarjana muda, 0 experience biar punya skill, lagian kata nya perusahaan mana yang mau nerima sarjana 0 experience..???

Okeh, pernyataan ini sebenarnya pengen aku debat lagi, tapi yang namanya orang pinter ngeles, mana mau kalah...???
Jadi aku terima saja nasib, jadi outsourching sambil cari kerja-kerja lain..
Lagian kerjanya lumayan enak, gaji lumayan, dapet mess, dan makan 3 kali.. Alhamdulillah.. :)

Pertama aku datang kerja disini, tanpa tau akan tinggal dmana..??
Apalagi kami cuma digaji sesuai gaji OJT..
Tapi alhamdulillah tante si Dwi Meitiara Putri (temen OJT ku dari PPLH) baik hati mau menampung kami..
Sehingga kami bisa menghemat uang untuk tinggal dan makan malam..

Pas mulai hari pertama kerja, kami belum punya seragam..
Kerja pun bingung mau kerja apa..?? Karna ga ada yang secara khusus mengajarkan kami ilmu perminyakan disana..
Kami belajar secara otodidak..
Pas pertama dengar kata RIG, well, pump intake, barrel, gross, nett, pulley, gear box, dll pun aku bingung artinya apa..??
Tapi akhirnya lama-lama ngerti juga..
Jadi kami disana benar-benar  learning by doing, looking, and listening..
Semua serba otodidak..

Awal disana, aku belajar tentang produksi..
Cara memproduksikan sumur minyak dan cara optimalisasi nya..

Dan mengapa sampai pada akhirnya ke sonolog...???
Itu karna setelah kami di training sonolog 3 kali oleh pak Marsigit (orang LEMIGAS yang selalu training dan benerin alat sonolog kami jika rusak), ga ada yang mau pegang bagian sonolog..
Abis kerjanya capek, keliling-keliling sumur, jauh, naik mobil 1 jam di jalan tanah yang berbatu..

Akhirnya aku yang ambil, karna daripada ga ada yang kerjain dan lagian waktu itu aku juga belum punya spesialisasi pekerjaan..
Tapi jadi bersyukur juga, karna ga ada yang ngambil sonolog dan aku yang ngambil, jadi sekarang aku punya spesialisasi..
Ratih si tukang sonolog,, :D
Cewek yang mau kerja sonolog, panas-panasan di tengah lapangan minyak..
Jarang-jarang kan ada cewek yang mau kerja panas-panasan..?? Kalo jadi admin kan udah biasa..
Hehehehhe.. :p

Sekarang berasa jadi keren aja gitu, cewek bisa kerja di lapangan minyak.. :D
Ini foto-foto aku waktu jadi kuli di Pendopo..






Yang pake baju orange ini pas jaman belum punya seragam, jadi pake seragam yang ada dulu ajah..
Dapet dari manta pacar.. Hehehehe.. :p

 

 Ini jaman udah dapet seragam.. Alhamdulillah..  :)





Ini lagi narsis-narsisan di kantor...
Hehehehhe.. :p

Yah, inilah pekerjaanku..
Walau susah, walau pahit, walau sakit, walau berat..
Syukur alhamdulillah Allah masih memberiku rejeki lewat pekerjaan ini..
Setidaknya sekarang sudah bisa beli baju dan bedak sendiri, kasih ibu dan adik sedikit duit jajan, truz bisa nabung..
Alhamdulillah.. Alhamdulillah..
Terima kasih atas semua nikmat-MU selama ini ya Robb..

31 komentar:

  1. mengagumkan dari carita pengalaman nya,yang membuat saya tertarik yakni bidang pekerjaan nya yakni memonitoring sumur dengan echometer atau biasa disebut dengan sonolog...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah baru kebaca komentarnya mas..
      Makasih banyak lho udah mau mampir ke blog "ecek-ecek" ini :))

      Hapus
    2. Kak,saya mau tanya harga alat tersebut kira kira di kisran berapa ya kak?

      Hapus
  2. keren kisah perjalanan kerjanya... hebat, pekerja lapangan.
    ditunggu sharing ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah apa yang mau dibagi..??
      Orang saya ga punya ilmu apa-apa.. :)

      Hapus
  3. mau tanya mbak.
    kalo untuk program Magang K3 ada apa tidak ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Magang..??
      Magang untuk kerja praktek ya maksud nya..??
      Bisa sih, tinggal kirim proposal magang nya aja ke HRD..

      Hapus
  4. MbakK Ratih,gimana kbr nya
    boleh kah saya minta no hp/pin bbm nya...kebetulan pekerjaan yang Mbakk Ratih sama persis apa yg sudah pernah saya kerjakan yakni sebagai operator chometer sonolog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baik mas..

      Hehheehhe...
      Kalo mau ngehubungin saya bisa kirim email ke alamat email saya saja mas..
      ratih_pratiwi07@yahoo.com

      Hapus
  5. Ok thankssss ya mbakk ratih,entar saya shere ke email nya

    BalasHapus
  6. info loker nya dong mbak Ratih untuk di echometer-sonolog,jika berkenan shere dong ke email saya di subahanarizal@yahoo.com

    BalasHapus
  7. ass wr wb.
    mba bleh minta e-book atau file yg brhbungan sma sonolog buat bahasan KP kami klo boleh hehe
    ty.

    BalasHapus
  8. pa kbr mbak,?dah gk perna ktmu lg..heee
    smga sehat sllu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baik..

      Aamiin.. :))

      Main-mainlah don ke Palembang, ntar ketemuan kita :D

      Hapus
  9. mba saya mau belajar tentang sonolog untuk tugas akhir saya, bisakah saya minta contact person nya mba.. mohon dibalas thx bfre.

    BalasHapus
  10. mba tolong ajarin saya membaca sonolog dong, pada keadaan apa kita mengetahui kalo sudah mencapai fluid levelnya..?? terima kasih..dan ajarin sya tentang Dynagraph juga toloong bgt yaa..sya tunggu emailnya.. saya sedang kuliah di UNiv.trisakti jurusan perminyakan ditunggu emailnya
    radifan198@gmail.com

    BalasHapus
  11. mbak saya org Pendopo jga.mbak lw boleh tw mbak kerja d.pendopo d.kantor pertamina atau d.mna.a mbak

    BalasHapus
  12. ass. wr. wb
    hallo mbak, saya saat ini sedang mikirin Tugas Akhir tentang sonolog. saya minta refrensi bantuannya untuk tugas akhir saya boleh?

    BalasHapus
  13. Hallo mbag Ratih, berbagi ilmu dong !!! Mnegenai EcometerGirl nya .hee2

    BalasHapus
  14. Hallo mbak ratih sharing ilmu ny dong.
    Wa 08127904407.
    Afrisyal
    Sonolog field ramba

    BalasHapus
  15. Buat group wa aj mbak temen2 d ramba ad 3 di sana banyak gak.

    BalasHapus
  16. Fyi aja,,
    Saya sudah tidak bekerja lagi sebagai operator sonolog semenjak 1 Oktober 2014,,
    Jadi sebenar nya tulisan ini saya buat dulu saat saya masih bekerja dan saya pertahankan hanya sebagai kenang-kenangan atas pekerjaan yang pernah saya lakukan selama 3.5 tahun..

    Terima kasih banyak untuk semua yang sudah pernah mampir maupun membaca blog ini sampai habis. Mohon maaf kalo sekarang saya tidak bisa lagi banyak membantu, karna sekarang saya lagi sibuk-sibuknya (ngurus anak) 😁.

    Regard

    Ratih Pratiwi Mahmuri

    BalasHapus
  17. Mbak ratit, boleh share alamat email, saya sedang belajar tentang sonolog

    BalasHapus
  18. Mbak ratih, bs info no.kontak utk konfem pembelian Well Analyzer Echometer ada link nya ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba email ke pak Marsigit yang kerja di LEMIGAS ya pak
      Ini alamat email nya:
      marsigitm@yahoo.com

      Hapus